Senin, 22 November 2010

PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MEREK


Tugas Metode Riset
BAB I – BAB V
Tema   : Kepuasan Konsumen

BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Di dalam dunia perdagangan Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, berbagai jenis perdagangan tersebar luas di Indonesia. Dari yang memiliki perusahaan yang besar maupun perusahaan yang menengah. Dalam kompetisi global seperti ini, konsumen cenderung untuk mempunyai lebih banyak keinginan.
Masyarakat modern ditandai dengan aktivitas kerja yang tinggi serta adanya kesempatan yang sama untuk dapat bekerja bagi setiap orang yang mempunyai kompetensi tanpa diskriminasi. Aktivitas tersebut berdampak pada semakin banyak wanita pekerja atau karir yang menghabiskan waktu di luar rumah, sehingga kesulitan dalam menjalankan aktivitas sebagai ibu rumah tangga termasuk menyediakan makanan bagi keluarga. Kelompok keluarga dengan ekonomi cukup, cenderung memilih makan di luar rumah dengan memilih tempat restoran atau cafe, selain cita rasanya lebih enak juga banyak sekali aneka menu yang ditawarkan, serta suasana yang menyenangkan. Surabaya sebagai kota metropolitan memiliki fasilitas untuk kondisi seperti yang disebutkan di atas. Bisnis makanan di Surabaya masih memberikan peluang bagi para pengusaha restoran.
The Prime Steak & Ribs salah satu badan usaha restoran membuka usahanya pada 11 November 2002 berlokasi di Jl. Manyar Kertoarjo 66, Surabaya. Awalnya restoran ini dibuka khusus untuk pelayanan undangan khusus (Soft Opening), akan tetapi dalam kurun waktu yang tidak lama kemudian (16 Desember 2003), dibuka untuk umum (Grand Opening). Restoran ini memiliki banyak pesaing lainnya, seperti: Boncafe, Calvados, Prosteak yang sudah ada sebelumnya. Restoran ini mencoba masuk pada persaingan yang sudah ketat dengan merebut pangsa pasar yang sama dengan restoran lainnya di Surabaya. Berdasarkan hasil survey awal, ada fenomena bahwa konsumen restoran ini makin hari makin bertambah, dan terlihat ada kesetiaan dari pelanggannya dilihat dari frekuensi kunjungan mereka. Hal ini membuat peneliti ingin menganalisis tingkat kesetiaan pelanggan restoran ini berdasarkan tingkat kepuasan mereka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukkan manajemen mengevaluasi keberhasilan dalam mengelolah restoran menghadapi pesaing yang makin ketat dan agresif.

Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Motivasi, sikap dan pembelajaran konsumen yang dapat memeberi pengaruh pada kepuasan konsumen terhadap kesetiaan merek.
2.       Apakah pengaruh yang terdapat pada hubungan signifikan antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan merek, hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini mendukung teori tentang kesetiaan merek.

Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap kesetiaan  merek.

2.      Untuk mengetahui kepuasan konsumen yang dijelaskan oleh Attributes related to the product, Attributes related to the service, Attributes related to the purchase di The Prime Steak & Ribs. 

Manfaat Penelitian
1. Bagi Pemilik Usaha
Dapat dijadikan dasar bagi pemilik usaha dalam memantau kepuasan pelanggan.
2. Bagi Penulis
Membuka wawasan penulis tentang hal yang bersifat ilmiah.
3. Bagi Pihak Lain
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan sebagai referensi bagi peneliti lain yang melakukan penelitian serupa.



Kerangka Pemikiran
·         Latar Belakang Masalah         : Bagaimana kepuasan konsumen terhadap merek?
·         Perumusan Masalah                : Apakah pengaruh hubungan signifikan antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan merek?
·         Tujuan Penelitian                    : Untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap kesetiaan  merek.
·         Manfaat Penelitian                  : Dapat dijadikan dasar bagi pemilik usaha dalam memantau kepuasan pelanggan, membuka wawasan penulis tentang hal yang bersifat ilmiah, Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan sebagai referensi bagi peneliti lain yang melakukan penelitian serupa.
·         Metodologi Penelitian             : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan konklusif.
·         Simpulan Penelitian                : Terdapat hubungan pengaruh positip yang signifikan antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan merek, hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini mendukung teori tentang kesetiaan merek.
·         Saran                                       : Untuk restoran perlu melakukan stimuli yang dapat menaikan kesetiaan konsumen, hal ini juga didukung oleh pengaruh positip antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan merek pada penelitian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar