Kamis, 04 November 2010

PENGARUH MOTIVASI, SIKAP DAN PEMBELAJARAN KONSUMEN TERHADAPAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK KEMASAN MEREK “ GUDANG GARAM FILTER” DI KAWASAN BEKASI


FATMA KUSUMA WARDANI
10208486
3EA10

PENDAHULUAN
Di dalam dunia perdagangan Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, berbagai jenis perdagangan tersebar luas di Indonesia. Dari yang memiliki perusahaan yang besar maupun perusahaan yang menengah. Dalam kompetisi global seperti ini, konsumen cenderung untuk mempunyai lebih banyak keinginan. Selera Konsumen terhadap rokok dalam kemasan juga ikut berkembang.
Pada dasarnya rokok tidak banyak diminati oleh konsumen karena merokok dapat merusak tubuh konsumen tersebut, seperti serangan jantung, batuk-batuk atau sesak napas dan gangguan kehamilan dan janin bagi para wanita, tapi saat ini konsumen yang merokok kian banyak bahkan tidak mengenal umur dan konsumennya bukan hanya kalangan pria tetapi tidak sedikit konsumen wanita, dan juga bukan hanya konsumen orang dewasa saja tetapi remaja bahkan anak-anak yang sudah banya mengkonsumsi rokok dan menjadi permasalahan utama dalam kenakalan remaja. Mungkin dimata konsumen yang mengkonsumsi rokok “Gudang Garam Filter” sudah memiliki keunikan sendir bagi konsumennya. Rokok “Gudang Garam Filter” itu sendiri sudah banyak macamnya, seperti: Gudang garam Filter, Gudang garam Internasional Merah yang memiliki rasa dan aroma yang mantap.
Bertahannya produk rokok kemasan “Gudang Garam Filter” hingga saat ini, menunjukkan bahwa produk tersebut mempunyai keunikan tersendiri sehingga tetap diminati konsumennya. Hal inilah yang memicu penulis ingin mengetahui apa yang mempengaruhi konsumen “Gudang Garam Filter” tetap memutuskan membeli “Gudang Garam Filter “  yang terutama yang berasal dari dalam diri konsumen itu sendiri ditengah banyaknya tawaran produk-produk baru dengan aneka rasa an aroma yang berbeda-beda. Faktor-faktor perilaku konsumen tersebut diantaranya dapat diuraikan pada factor psikologis, meliputi: motivasi, pembelajaran dan sikap konsumen dalam melakukan pengambilan keputusan pembelian. Denga semakin tinggi masyarakat mengkonsumsi rokok maka penulis tertarik untuk menliti “ Pengaruh, Motivasi, Sikap dan Pembelajaran Konsumen Terhadapa Keputusan Pembelian Rokok Kemasan Merek “Gudang Garam Filter” Di Kawasan Bekasi.

MASALAH
            Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut : motivasi, sikap dan pembelajaran konsumen yang dapat memeberi pengaruh pada konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian rokok “Gudang Garam Filter” di kawasan Bekasi. Perbedaan anatara pendapat dengan harapan konsumen dapat terjadi dalam pengambilan keputusan pembelian rokok “Gudang Garam Filter” di kawasan Bekasi.

TUJUAN PENELITIAN
            Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis pengaruh motivasi, sikap dan pembelajaran konsumen terhadap keputusan pembelian rokok “Gudang Garam Filter”.

METODE PENELITIAN
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah serta karakteristik obyek yang diteliti dapat diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif. Penelitian ini berdasarkan fakta yang ada di masyarakat tentang keputusan pembelian minuman kemasan yaitu rokok “Gudang Garam Filter”.
Jenis data yang digunakan adalah data interval, dinyatakan dalam angka mulai dari skala terkecil sampai dengan yang terbesar, selain itu mempunyai jarak yang sama antara angka yang satu dengan angka yang lainnya (1= sangat tidak setuju, 2 = tidak setuju, 3 = netral, 4 = setuju, 5 = sangat setuju). Sedangkan sumber data yang digunakan adalah bersifat primer.
Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden di Kawasan Bekasi yang terdiri dari lima kecamatan yaitu Bekasi Utara, Bekasi Barat, Bekasi Timur, Bekasi selatan, Medan Satria.
Identifikasi variabel
Variabel bebas ( Independent Variable), ada empat yaitu :
Motivasi Konsumen (X1)
Persepsi Konsumen (X2)
Sikap Konsumen(X3)
Pembelajaran Konsumen (X4)
Variabel terikat (Dependent Variable ) yaitu
Keputusan Pembelian (Y)
Definisi Operasional
Motivasi Konsumen : Adalah kekuatan penggerak dalam diri konsumen yang memaksa bertindak untuk memenuhi apa yang diinginkan atau dibutuhkan. Persepsi Konsumen : Tanggapan konsumen terhadap keberadaan suatu obyek atau produk yang menjadi pilihannya. Sikap Konsumen : Penilaian evaluatif konsumen terhadap suatu obyek atau produk yang diminati Pembelajaran konsumen: Pembelajaran menunjukkan perilaku seseorang karena pengalaman. Pembelajaran terjadi melalui saling pengaruh antara dorongan, stimulan, cues, tanggapan dan penguatan. Keputusan Pembelian : Pilihan akhir yang dilakukan oleh konsumen dalam memenuhi keinginan atau kebutuhannya.

SIMPULAN DAN SARAN
Simpulan
Dari hasil pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan yaitu,
1. Ada pengaruh yang signifikan dari motivasi, sikap dan pembelajaran konsumen terhadap keputusan pembelian rokok “Gudang Garam Filter”.
2. Ada perbedaan yang nyata antara pendapat dan harapan konsumen tentang keputusan pembelian. Artinya apa yang telah konsumen nikmati saat ini masih ada jarak dengan kondisi yang konsumen harapkan, dan ini menjadi pekerjaan rumah bagi produsen untuk memenuhi harapan dari konsumen.
Saran
Bagi pengusaha atau produsen rokok “Gudang Garam Filter” harus selalu memperhatikan perilaku konsumen yang setiap saat akan berubah-ubah. Untuk mempertahankan posisi di pasar, harus selalu melakukan market research terhadap produk pesaing yang beredar di pasar dan harga yang ada. Menurut Muhammad (2004) dalam mengantisipasi kondisi pasar dapat menggunakan growth strategy yaitu mengembangkan pasar yang telah dimiliki jika pangsa pasar yang ada masih luas. Hal yang harus mejadi perhatian adalah kepuasan konsumen pada pasca pengambilan keputusan untuk membeli produk yang kita tawarkan.

1 komentar:

  1. isi dari blog anda bgs,smua yg ada di blog anda cukup lgkap.. ..perbnyak lg isi dr blog anda.

    BalasHapus